Makanan Penderita Jantung

Minggu, 30 Maret 2014

Penyakit jantung sering kali menjadi ancaman bagi masyarakat terutama bagi mereka dari kalangan usia lanjut meskipun tidak menutup kemungkinan, anda yang masih muda pun memiliki kemungkinan yang sama terserang penyakit ini. Hal ini umumnya dikarenakan gaya hidup yang kurang sehat sehingga dampaknya terjadi gangguan pada beberapa organ tubuh manusia salah satunya yaitu jantung. Sebagai salah satu langkah tepat yang dapat anda lakukan ketika anda menderita penyakit ini yaitu dengan mengatur gaya hidup dan yang terpenting dalam keseharian, anda harus makan makanan untuk penderita jantung.
Pada dasarnya penderita jantung memang dianjurkan untuk membatasi beberapa makanan terutama yang banyak mengandung lemak. Senyawa ini lah yang menjadi penyebab utama gangguan pada organ jantung dan biasanya diawali dengan kadar kolesterol yang relative meningkat. Namun, selain lemak tentu ada faktor lain yang dapat menjadi penyebab masalah jantung, misalnya keturunan atau terlalu banyak merokok dan kebiasaan buruk lainnya.
mengobati jantung
Apaun itu faktor yang menjadi penyebab penyakit jantung, anda sebagai pendeita sebaiknya mula untuk mencatat beberapa makanan untuk penderita jantung. Beberapa makanan ini dapat anda jadikan menu andalan untuk keseharian anda, simak uraiannya di bawah ini.

Makanan untuk penderita jantung

1. Ikan tuna
Ikan tuna adalah salah satu makanan yang mengandung adam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Senyawa ini bagus untuk kesehatan jantung anda karena mampu mengencerkan darah, mengurangi tekanan darah dan juga menurunkan resiko stroke. Selain itu, senyawa asam lemak omega-3 dapat menekan kadar kolesterol jahat atau LDL dan meningkatkan kadar koleterol baik atau HDL sehingga memang cukup efektif untuk penderita jantung.
2. Bayam
Bayam adalah jenis sayur hijau berdaun yang dapat menjadi pilihan bagi anda penderita jantung. Dalam bayam mengandung vitamin C dan juga beta-karoten di mana senyawa ini merupakan antioksidan yang cukup baik sehingga dapat mencegah terjadinya oksidasi pembentukan plak pada pembuluh darah. Selain itu, dalam bayam juga mengandung senyawa folat yang sangat baik untuk membantu memecah homosistein di mana zai ini cukup berbahaya untuk jantung anda.
3. Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan adalah makanan yang baik untuk penderita jantung. Hal ini karena kandungan serat yang cukup baik untuk menekan kolesterol jahat dan juga antioksidan yang dapat menjaga kesehatan jantung anda.
Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 
 
Copyright © Healthy Live 4ever